Artikel

Berisi artikel yang berhubungan dengan Teknologi, Pemrograman, tips dan trik komputer, Perancangan sistem, Jaringan komputer.

Ringkasan 10 Jurnal dengan topik Cybercrime (Kejahatan dunia maya)

ybercrime merupakan kejahatan yang dilakukan secara online atau melalui jaringan internet. Cybercrime mencakup serangkaian aktivitas kriminal yang melibatkan penggunaan teknologi informasi sebgai media utama untuk melakukan kejahatan. Tindakan Cybercrime beragam, seperti pencurian identitas, penipuan online, peretasan (hacking), penyebaran malware (perangkat lunak berbahaya), pencurian data, hingga kegiatan ilegal lainnya yang dilakukan melalui internet.

Posted in Cybercrime on December 4, 2023 by Roberto Kaban ‐ 12 min read

Ngrok: Mengenal Ngrok, Instalasi dan Konfigurasi

Ngrok adalah alat tunnelling (tunneling tool) yang digunakan untuk membuat saluran aman antara dua titik akhir (endpoints) melalui internet atau jaringan lokal. Alat ini memungkinkan kita untuk memberikan akses ke server atau layanan yang berjalan di komputer lokal kita ke internet, bahkan jika komputer tersebut berada di belakang firewall atau jaringan NAT (Network Address Translation).

Posted in Pemrograman on September 18, 2023 by Roberto Kaban ‐ 2 min read

Ho'oh: Index Start at 0

Penggunaan index dalam bahasa pemrograman adalah salah satu konsep dasar yang sangat penting karena ini memungkinkan kita untuk mengakses, mengelola, dan memanipulasi data dalam struktur data seperti array, list, dan berbagai jenis koleksi data lainnya. Index dimulai dari 0 adalah aturan yang sangat umum dalam pemrograman, terutama dalam bahasa pemrograman seperti C, C++, Java, Python, Php dan banyak bahasa lainnya.

Posted in Pemrograman on August 24, 2023 by Roberto Kaban ‐ 4 min read

Mengenal Composer: Dependency Manager PHP

Pada sebuah proyek aplikasi yang besar tentunya membutuhkan banyak library, dan umumnya setiap library ketergantungan dengan library yang lain. Instalasi library secara manual akan merepotkan dan membutuhkan waktu. Oleh karena itu, kita membutuhkan dependency manager yaitu Composer.

Posted in Tools, Pemrograman on November 17, 2022 by Roberto Kaban ‐ 4 min read

Filsafat Ilmu: Mahasiswa adalah pemikir dan Ilmuwan

Ini merupakan tugas saya beberapa minggu lalu ketika mengikuti matakuliah Filsafat Ilmu. Topik yang saya angkat adalah Mahasiswa sebagai pemikir dan juga sebagai ilmuwan. Dengan berpikir keilmuan diharapkan kita mampu mendongkrak keterbatasan-keterbatasan kodrati manusia untuk melakukan penemuan- penemuan (invention) serta karya-karya budaya.

Posted in Materi Kuliah, Filsafat Ilmu on October 16, 2022 by Roberto Kaban ‐ 4 min read

Perintah dasar Linux

Linux adalah keluarga sistem operasi turunan Unix yang bersifat _open-source_ dan didasarkan pada Linux Kernel. Terdapat berbagai distribusi (Distro) linux yang populer seperti Ubuntu, Fedora, Mint, Debian, dan lain-lain. Berikut ini perintah dasar dalam Linux.

Posted in Tools, Pemrograman, Networking on July 18, 2020 by Roberto Kaban ‐ 8 min read

Top